if you can dream it, you can do it.
Friday 28 October 2011 @ 8:37 pm
di hari sumpah pemuda ini, aku mau nge-review sebuah buku tentang nasionalisme, judulnya nasional.is.me. nasional.is.me adalah sebuah buku-e yang ditulis oleh seorang presenter yang juga penyanyi, Pandji Pragiwaksono (bisa di-download disini). Sesuai judulnya, buku ini berisi hal- hal tentang nasionalisme. Mulai nasionalismenya si Pandji sendiri, terus ada juga tulisan- tulisan yang dimaksudkan untuk menggugah rasa nasionalisme para pembaca yang sudah membaca buku ini. Banyak hal baru yang dikupas Pandji lewat bab- bab di buku ini. It was my first time that a book can make me realize a lot of great things about Indonesia.

lewat buku ini, aku sadar kalau Indonesia itu ga hancur- hancur banget bahasa kasarnya, seperti yang udah jadi mindsetku dan seperti yang dibilang orang- orang selama ini.
lewat buku ini aku jadi tahu, Indonesia punya kekayaan alam yang bener- bener berjuta- juta! pantai yang indah, sumber daya alam yang melimpah, semua ada di Indonesia.
lewat buku ini aku baru tahu kalau Indonesia masuk 20 besar negara yang ekonominya paling kuat di dunia.
lewat buku ini aku jadi sadar, kalau negara lain pun pasti ga sempurna. Indonesia ga sejelek yang selama ini kita bayangin kok.

dan emang ga fair banget rasanya, kalo kita hidup di Indonesia, menikmati sumber daya alam di Indonesia, menginjakkan kaki di Indonesia, tapi kita ga punya rasa nasionalisme buat Indonesia. setidaknya meskipun kita ngerasa belum menemukan sesuatu yang tepat untuk dilakukan buat Indonesia, cintai dulu Indonesia. mungkin Indonesia punya banyak kekurangan, tapi ya itu tadi. dengan kita mencintai Indonesia, kita pasti tergugah untuk do something yang bisa menguatkan sisi Indonesia yang lemah itu.

dan yang paling penting, buku ini juga buat aku sadar, kalo di tangan kita generasi mudalah Indonesia ada. and it's our turn! let's do some movement for our Indonesia!

Labels: , ,

© Layout by yours truly, with header-image effect by Chapters. 01 02 03